3 Sumber Motivasi Bisnis Terbesar

sumber motivasi bisnis
Motivasi bisnis merupakan sumber energi dan pembakar semangat dalam menjalankan bisnis internet. Tanpa adanya motivasi mustahil bisnis online akan berjalan. Motivasi yang besar akan menghasilkan semangat yang besar pula. Dengan adanya motivasi yang besar, mengerjakan bisnis online serasa lebih ringan dan mudah karena suasana hati lebih enjoy.

Motivasi adalah merupakan dorongan hati untuk melakukan suatu pekerjaan atau tindakan yang disebabkan atau dilatarbelakangi oleh adanya kebutuhan, hasrat dan keinginan terhadap sesuatu. Motivasi bisa menyebabkan orang suka belajar dan berpikir lebih kreatif untuk menemukan cara-cara baru yang belum pernah terpikirkan sebelumnya.

Mr. Rahmat ST dalam tulisannya tentang arti dan teori motivasi mengibaratkan motivasi sebagai energi yang menggerakkan suatu beban. Semakin besar energi maka beban akan semakin mudah bergerak. Begitu juga dalam berbisnis, semakin besar motivasi maka menjalankan bisnis terasa semakin ringan dan mudah.

3 Sumber motivasi bisnis


Berikut ini saya rangkum 3 hal yang dapat menjadi sumber motivasi terbesar untuk anda dalam menjalankan bisnis online:

1. Kebutuhan hidup


Kebutuhan pokok manusia adalah makan dan minum. Setiap hari manusia harus makan. Untuk mendapatkan makanan kita harus mengeluarkan biaya. Coba anda bayangkan kita setiap hari harus makan, tiap hari kita harus keluarkan biaya untuk makan. Kebutuhan hidup yang lain adalah rumah tempat bernaung dan pakaian. Untuk memperoleh semua kebutuhan tersebut harus ditebus dengan uang.

Apalagi bagi kita yang mempunyai tanggungan keluarga; istri, anak, orang tua yang harus dipenuhi kebutuhan hidupnya sehari-hari. Bahkan hewan peliharaanpun mempunyai kebutuhan hidup yang harus dipenuhi. Berdosa sekali jika kita tidak bisa bertanggung jawab dan memenuhi kebutuhan hidup mereka.

Jadi intinya kita harus mempunyai penghasilan yang terus menerus agar tetap bisa memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Dan kesimpulannya adalah tuntutan kebutuhan hidup telah menjadi motivasi utama kita untuk terus bekerja dan menghasilkan uang apapun pekerjaannya termasuk berbisnis online.

2. Keluarga


Keluarga adalah orang-orang yang dekat dan berharga dalam kehidupan kita. Membahagiakan keluarga menjadi motivasi tersendiri untuk mencapai kesuksesan dalam bekerja maupun berbisnis. Contoh yang paling sering kita temui adalah ketika ada seorang pemuda yang sedang semangat-semangatnya bekerja ditanya apa motivasinya bekerja maka salah satu jawabannya adalah ingin membahagiakan orang tuanya.

Sedangkan bagi orang yang sudah menikah dan berkeluarga. Keluarga menjadi motivator, pendukung dan penyemangat terbesar baginya dalam bekerja. Seorang laki-laki yang baik pasti sangat sedih dan merasa berdosa jika tidak bisa memenuhi kebutuhan hidup keluarganya. Melihat anak istrinya hidup kekuarangan, belum lagi masalah biaya pendidikan anak-anaknya.

Seorang suami dan ayah yang baik pasti ingin memberikan yang terbaik buat keluarganya. Memberikan rumah tempat tinggal yang layak, memberi makanan yang baik dan sehat, memberikan pendidikan yang terbaik untuk putra-putrinya atau sekali waktu membelikan sesuatu yang dapat menyenangkan istrinya.

3. Impian dan cita-cita


Apa cita-cita dan harapan hidup anda? Setiap orang pasti mempunyai cita-cita dan obsesi terbesar dalam hidupnya. Sebuah cita-cita hanya tinggal angan-angan dan mimpi saja jika kita tidak berusaha untuk mewujudkannya. Mempunyai mimpian, keinginan dan harapan adalah fitrah dan anugerah yang diberikan Allah kepada kita. Apa yang akan terjadi jika seseorang tidak mempunyai impian dan harapan apa-apa? Kehidupannya akan kosong, hampa dan tidak ada semangat untuk hidup.

Apapun impian dan cita-cita kita selama itu masih logis dan masuk akal sebaiknya dimantapkan. Memantapkan cita-cita merupakan langkah awal kita untuk berusaha mewujudkannya. Rumuskanlah cita-cita anda secara spesifik dan menjadikannya sebagai planning hidup dan motivasi bisnis anda.

Beberapa contoh misalnya: “suatu saat saya ingin mendirikan sekolah gratis untuk anak tidak mampu”, atau “saya ingin memberangkatkan haji orang tua” dll. Atau bisa mencontoh bapak Davit Putra yang punya cita-cita besar menciptakan 1 juta lapangan kerja. Kita juga bisa mencontoh cara beliau membuat planning hidupnya dan memotivasi dirinya sendiri untuk terus maju mewujudkan cita-citanya.

Kesimpulan mengenai sumber motivasi bisnis


3 sumber motivasi bisnis di atas adalah sumber motivasi yang sudah ada pada setiap orang. Sebenarnya sumber motivasi bisa datang dari mana saja. Kita bisa menemukan sumber motivasi bisnis bagi diri kita sendiri untuk menambah semangat kita dalam bisnis online. Kesuksesan dalam bisnis online akan datang pada orang-orang yang yakin dan tetap berusaha.

Demikian, semoga bermanfaat.

Temukan Panduan Bisnis Internet Terbaik khusus untuk Pemula dan dapatkan bonusnya sekarang juga! Klik di SINI
Dapatkan tips dan informasi bisnis terbaru melalui email. GRATIS !

  © 2012 Web Bisnis Pemula All Right Reserved

3 Sumber Motivasi Bisnis Terbesar

- Template by Dicas Blogger