5 Kesalahan Pemula ketika Memulai Bisnis Online

kesalahan pemula
Kesalahan pemula ketika memulai bisnis online bisa sangat banyak dan beragam dan banyak pemula yang bahkan tidak tahu kalau dia telah melakukan kesalahan dalam bisnis online. Kesalahan-kesalahan tersebut banyak macamnya dan kerap kali dilakukan oleh pemula yang baru terjun di bisnis internet. Bahkan pebisnis yang sudah lama berkecimpung di bisnis online pun masih sering melakukan beberapa kesalahan.

Kesalahan-kesalahan pemula itu jika tidak diperhatikan dan terus menerus dilakukan hanya akan berakhir dengan kegagalan saja dalam bisnis internet. Kesalahan-kesalahan bisnis tersebut sebetulnya bisa dihindari dan memang harus dihindari asal mengetahui kesalahan itu sendiri sehingga tahu cara mengatasinya.

5 Kesalahan pemula ketika memulai bisnis online


Berikut ini saya rangkum 5 kesalahan pemula ketika memulai bisnis online yang menurut saya paling sering dilakukan oleh para pemula.

1. Mempunyai pemahaman yang salah mengenai bisnis online

Banyak pemula yang baru mengenal internet dan bisnis online belum begitu paham mengenai apa dan bagaimanakah bisnis online itu sebenarnya. Kebanyakan mereka ikut bisnis online (mungkin) karena tertarik pada iming-iming iklan-iklan bisnis penjual mimpi. Tawaran iklan bisnis seperti; “modal sedikit bisa kaya mendadak” atau “modal sekian puluh ribu dapat gajian jutaan per-hari”, dan segudang tawaran menggiurkan lainnya.

Iklan-iklan bisnis seperti itu pada akhirnya membuat para pemula yang baru saja mengenal bisnis online terjebak dalam pendapat dan pemikiran yang salah tentang bisnis internet. Lebih parah lagi setelah mereka bergabung dalam bisnis tersebut, ternyata sangat jauh dari yang dibayangkan selama ini. Pastinya merekapun akan kebingungan, akhirnya tidak melakukan apa-apa dan tidak mendapatkan apa yang diharapkan padahal sudah keluar uang.

Pemikiran mereka yang gagal dalam bisnis itu akan semakin salah dan bahkan memandang negatif terhadap bisnis internet. Dan jikalau suatu saat dia ingin memulai bisnis online lagi tentunya akan kembali menemui kegagalan bila masih mempunyai pola pikir bisnis internet yang salah.

2. Terlalu banyak informasi (overload informasi)

Ketertarikan dan antusiasme yang tinggi terhadap bisnis internet membuat para pemula selalu penasaran dan ingin banyak belajar tentang bisnis tersebut. Berbagai panduan bisnis internet dilahapnya habis, tidak segera dipraktekkan tapi mencari informasi yang lain lagi. Akhirnya apa yang didapat? bukannya mulai praktek berbisnis online malah sibuk mendownload panduan atau googling artikel-artikel bisnis.

Sebenarnya banyak belajar sangat diperlukan untuk menambah pengetahuan tentang bisnis online. Tetapi jika tidak diatur dengan baik bukannya ilmu yang didapat malah kebingungan sendiri mau praktek yang mana dan dengan cara yang bagaimana. Atau malah ingin mempraktekkan semuanya sekaligus, sehingga tidak fokus dan akhirnya tidak ada yang berjalan.

Sebaiknya belajarlah pelan-pelan secara bertahap. Pilihlah bisnis dan panduan bisnis yang paling tepat dan dirasa paling mudah untuk dijalankan. Fokuslah pada satu bidang bisnis dan jalankan sampai bisa menghasilkan. Setelah dirasa sudah bisa dan menghasilkan, kemudian berkembang ke metode lain yang lebih sulit. Atau bisa juga mencoba bisnis yang lain, tetapi bisnis yang pertama tetap dijalankan.

3. Tidak fokus pada satu bisnis

Tidak fokus pada satu bisnis merupakan salah satu kesalahan pemula yang cukup fatal. Tidak fokus pada satu bisnis akan menjadi masalah bagi pemula yang sedang belajar bisnis online. Permasalahan ini masih ada hubungannya kesalahan pemula pada poin kedua di atas. Terlalu banyak informasi membuat pemula ingin melakukan semuanya. Sehingga perhatian dan fokusnya terpecah-pecah yang akhirnya tidak ada yang jalan sama sekali.

Sebaiknya memilih satu bisnis yang merasa bisa dikuasai, kemudian jalankanlah bisnis tersebut sesuai pedoman bisnis online yang telah diikuti. Atau cara mudahnya carilah panduan bisnis bagi pemula yang terpercaya, ikutilah panduan yang diajarkan langkah demi langkah sampai anda bisa dan lakukan terus sampai menghasilkan.

4. Menunda-nunda pekerjaan

Banyak faktor yang membuat para pemula menunda-nunda pekerjaannya. Kemalasan, ketakutan, tidak percaya diri seringkali menjadi faktor utama seseorang sehingga menunda-nunda pekerjaan yang berakhir dengan kegagalan. Berbagai alasan seperti sibuk, merasa belum bisa, takut salah, tidak punya modal, dsb kerapkali penyebab penundaan-penundaan pekerjaan.

Untuk mengatasi masalah-masalah yang menyebabkan penundaan sebenarnya cukup mudah asal ada kemauan. Salah satunya adalah bagi pemula yang merasa belum bisa adalah menemukan guru dan panduan bisnis yang bisa membimbing, memberi solusi dan sekaligus sebagai motivator bisnis.

Bagi yang merasa sibuk dan tidak mempunyai waktu, menyisihkan sedikit waktu di sela-sela kesibukan pasti bisa dilakukan asal ada kemauan. Semua permasalahan tersebut sebenarnya berasal dari diri sendiri, pola pikir yang baik serta manajemen waktu bisa menjadi solusi bagi orang-orang yang suka menunda-nunda.

5. Tidak mempunyai perencanaan dan target

Dalam berbisnis apapun bidangnya, mempunyai perencanaan dan target adalah perkara wajib, apalagi bagi pemula yang baru merintis dan memulai bisnisnya. Mempunyai perencanaan dan target akan memudahkan perjalanan bisnis hingga masa mendatang.

Tidak mempunyai perencanaan dan target di awal-awal mulai bisnis akan membuat akan membuat pekerjaan bisnis semrawut, tidak terkontrol, dan asal jalan saja. Hal ini menyebabkan bisnis berjalan tidak efektif, tidak menghasilkan dan hanya buang-buang waktu, uang dan tenaga saja.

Cobalah sisihkan waktu sebentar untuk merumuskan target-target bisnis, minimal buatlah target jangka pendek saja sebagai permulaan. Dan dengan target-target itu buatlah perencanaan-perencanaan kerja untuk mencapai target-target tersebut. Jika jika bingung bagaimana cara menyusun rencana bisnis, maka panduan bisnis profesional bisa diandalkan untuk memberikan bimbingan.


Demikian 5 kesalahan pemula yang kerap dilakukan ketika memulai bisnis online. Semoga pembelajaran ini dapat bermanfaat bagi para pemula dan dengan ini mereka bisa tahu dan bisa menghindari kesalahan-kesalahan tersebut.

Temukan Panduan Bisnis Internet Terbaik khusus untuk Pemula dan dapatkan bonusnya sekarang juga! Klik di SINI
Dapatkan tips dan informasi bisnis terbaru melalui email. GRATIS !

  © 2012 Web Bisnis Pemula All Right Reserved

5 Kesalahan Pemula ketika Memulai Bisnis Online

- Template by Dicas Blogger