Bagaimana Memulai Bisnis Online Bagi Pemula?

Memulai Bisnis Online
Bisnis online dewasa ini semakin berkembang secara signifikan, semakin banyak orang mulai terjun dan mencoba peruntungannya di bisnis online. Tetapi, bagaimana memulai bisnis online? Banyak pemula yang baru mengenal bisnis online dan masih kebingungan untuk memulainya, apalagi bagi pemula yang gaptek tentang komputer dan internet.

Bisnis online pada prinsipnya sama seperti bisnis offline. Inti dari berbisnis adalah menjual, ada pihak penjual, pembeli, ada transaksi, dan ada barang atau materi yang diperjual belikan. Perbedaannya adalah kalau bisnis online cara pemasarannya dan transakasinya dilakukan melalui internet. Hanya modal koneksi internet saja, kita sudah bisa memulai bisnis online.

Memulai Bisnis Online


Seperti halnya bisnis pada umumnya, untuk memulai bisnis online juga diperlukan persiapan dan strategi bisnis. Persiapan apa sajakah yang untuk memulai bisnis online? Berikut persiapan yang diperlukan:

1. Persiapkan mental untuk memulai bisnis online


Dari awal sebelum mulai berbisnis hendaknya kita sudah mempersiapkan mental. Berbisnis bukan pekerjaan sekali dua kali lalu menghasilkan. Untuk bisa sukses, berbisnis membutuhkan kemauan, kesungguhan, keuletan dan kerja keras yang dilakukan secara disiplin dan terus menerus.

Dalam perjalanannya, apalagi baru permulaan berbisnis pasti banyak tantangan dan rintangannya. Hanya orang yang ulet dan mau kerja keras secara kreatif yang mampu melewati rintangan dalam berbisnis. Pemula yang tidak siap mental pasti akan menyerah dan berhenti berusaha, dan itu artinya dia gagal.

Banyak pemula yang gagal di awal-awal terjun di bisnis internet. Mereka tidak siap menghadapi rintangan dan tantangan seperti ketatnya persaingan, merasa jenuh dan bosan karena tidak segera menghasilkan, dsb. Yang akhirnya mereka berhenti menganggap bisnis internet tidak cocok dengan dirinya dan hanya mimpi belaka. Kebanyakan rintangan yang datang berasal dari faktor pola pikir negatif dari diri sendiri.

2. Persiapkan modal untuk memulai bisnis online


Dalam bisnis internet modal uang mutlak diperlukan. Untuk bisa menjalankan bisnis online diperlukan koneksi internet dan itu membutuhkan dana. Tapi dibanding bisnis offline, modal untuk bisnis online tidak sebesar bisnis offline. Hanya modal komputer dan koneksi internet kita sudah bisa mulai berbisnis.

Semakin besar modal anda, semakin besar peluang anda untuk sukses di bisnis online. Tapi modal yang besar tidak menjamin kita bisa sukses, semuanya tergantung kemauan dan kedisiplinan kita dalam menjalankannya. Walaupun modal besar tetapi tidak dijalankan secara benar dan sungguh-sungguh, niscaya tidak ada hasinya dan justru kerugian yang didapatkan.

3. Pengetahuan yang cukup tentang bisnis


Menjalankan bisnis membutuhkan manajemen yang tepat agar bisnis berjalan dengan lancar dan optimal. Di sini dibutuhkan pengetahuan yang cukup tentang manajemen bisnis. Perencanaan keuangan, manajemen waktu, dan mengatur jadwal pekerjaan yang efisien akan membuat bisnis online anda lebih mudah dan teratur.

Bisnis yang dijalankan tanpa ada pengaturan dan perencanaan yang baik akan menjadi semrawut dan membabi buta. Tidak adanya perencanaan keuangan misalnya akan mengakibatkan tidak terkontrolnya pengeluaran dan ujung-ujungnya malah pengeluaran lebih besar dari pemasukan dan kerugianlah yang didapat

4. Mentoring dan panduan terpercaya


Berbisnis online membutuhkan pengetahuan yang mencukupi tentang seluk beluk bisnis di internet, apalagi bagi pemula. Pemula yang baru terjun di bisnis online sangat membutuhkan panduan untuk menjalankan bisnis online. Di internet banyak sekali ditawarkan panduan bisnis online.

Untuk menemukan panduan yang tepat sebenarnya tidak terlalu sulit. Anda hanya perlu mempertimbangkan hal-hal sebagai berikut:

- Model bisnis dan topik yang anda minati
- Orang yang membuat panduan tersebut (guru)
- Kompetensi dan pengalamannya
- Jumlah member yang telah berhasil
- Testimoni para membernya

Jika sudah menemukan panduan dan guru yang cocok, segera pelajari dan praktekkan sampai bisa (berhasil). Jangan setengah-setengah mempelajari setelah itu ditinggal dan mencari panduan lain. Banyak pemula yang melakukan kesalahan seperti itu, yaitu banyak mengumpulkan dan mempelajari panduan dari banyak sumber. Bukannya mulai berbisnis yang ada malah kebingungan mau menjalankan panduan yang mana.

5. Persiapkan waktu dan tenaga untuk memulai bisnis online


Bisnis internet bukanlah bisnis sehari atau dua hari lalu menghasilkan. Bisnis internet membutuhkan waktu dan ketelatenan. Dalam berbisnis internet, anda harus menginvestasikan waktu anda untuk selalu melakukan praktek dan praktek.

Jika anda melihat keberhasilan seorang pebisnis internet yang sudah sukses dan menikmati passive income, itu adalah hasil jerih payahnya selama bertahun-tahun sehingga dia bisa menikmatinya sekarang.


Jika 5 hal diatas sudah ada pada anda, bisa dikatakan anda sudah memulai bisnis online. Anda hanya perlu mendisiplinkan diri untuk menjalankannya, dan yang terpenting segeralah action dan jangan suka menunda-nunda pekerjaan.

Sukses bagi anda yang mau berusaha.

Temukan Panduan Bisnis Internet Terbaik khusus untuk Pemula dan dapatkan bonusnya sekarang juga! Klik di SINI
Dapatkan tips dan informasi bisnis terbaru melalui email. GRATIS !

  © 2012 Web Bisnis Pemula All Right Reserved

Bagaimana Memulai Bisnis Online Bagi Pemula?

- Template by Dicas Blogger