Membangun Mindset Bisnis Online

Mindset Bisnis Online
Mindset bisnis online sangat penting bagi orang-orang yang memang serius dan menginginkan kesuksesan dalam bisnis online. Sikap, pola pikir yang benar dan mental yang kuat menjadi modal utama kita dalam berbisnis online. Mindset ibaratnya seperti pondasi bangunan atau akar pohon yang menancap kuat di tanah, sehingga tetap bertahan meskipun diterpa badai.

Mungkin anda sering mendengar cerita orang-orang yang telah suskses di bisnis online. Memang benar, banyak orang yang telah berhasil di bisnis online, tetapi faktanya orang yang gagal dan tumbang ternyata jauh lebih banyak. Banyak faktor yang menentukan kesuksesan seseorang dalam bisnis online. Salah satu faktor paling mendasar dan menjadi pondasi dalam bisnis online adalah mindset (pola pikir) yang benar.

Pengertian Mindset Bisnis Online


Mindset jika didefinisikan secara sederhana adalah pola pikir yang mempengaruhi sikap, tindakan dan perilaku sehari-hari dan menjadikannya kebiasaan. Kebiasaan seseorang itu mencakup sikap, tindakan dan perilaku dalam hal merespon setiap situasi dan keadaan yang terjadi pada dirinya baik itu situasi yang menyenangkan ataupun tidak menyenangkan.

Membangun mindset juga bisa dikatakan membangun keyakinan dan kepercayaan. Membangun mindset positif berarti menanamkan wacana-wacana positif ke dalam alam pikiran. Mindset yang positif dan benar akan menghasilkan sikap, perilaku dan kebiasaan positif. Begitupun sebaiknya, mindset yang negatif akan menjadikan kebiasaan yang negatif pula.

Membangun Mindset Bisnis Online yang Positif


Membangun mindset bisnis online sudah dimulai ketika memulai bisnis online. Dalam aplikasinya di bisnis online, membangun mindset bisnis online berarti menanamkan wacana-wacana positif yang berpihak pada perkembangan dan keberhasilan bisnis. Kemudian mewujudkan wacana-wacana tersebut dalam sikap dan tindakan yang dibiasakan. Untuk menanamkan wacana tersebut diperlukan pengetahuan dan pemahaman yang benar tentang bisnis online.

Tabel berikut ini merupakan beberapa contoh kecil mindset positif dan pengaplikasiannya ke dalam bisnis online.

Wacana positif Tindakan yang menjadi kebiasaan
Mempunyai tujuan dan cita-cita Merumuskan tujuan dan cita-cita yang jelas. Menjadikan cita-citanya tersebut sebagai motivasi untuk terus berusaha dan maju untuk mewujudkannya.
Yakin dan percaya pada kemampuan diri Selalu percaya pada kemampuan diri sendiri dan yakin bahwa dirinya akan berhasil dalam bisnis online. Selalu berusaha untuk mandiri.
Selalu berdoa dan bersyukur kepadaNya Selalu berbaik sangka kepadanya dan yakin bahwa Allah akan memberikan yang terbaik bagi hamba yang meminta dan berusaha. Bersyukur terhadap apapun yang didapatkan.
Berbisnis adalah fokus dan berpikir positif Tetap fokus dengan bisnis yang dijalankannya dan berpikir positif bahwa metode yang dijalaninya sudah benar dan akan berhasil.
Berbisnis adalah memberi dan melayani orang lain Mengerti kebutuhan orang lain, memberi solusi dan informasi berharga terhadap masalahnya. Senantiasa memberi jawaban yang bijak terhadap pertanyaan dan keluhan orang lain.
Berbisnis adalah menemukan banyak sahabat Menemukan sahabat baru melalui informasi yang diberikannya. Membangun dan menjaga hubungan persahabatan atas dasar keikhlasan.
Berbisnis tidak mencari uang semata Membangun bisnis adalah membangun persahabatan dan relasi. Mengetahui kebutuhan dan masalah mereka kemudian memberi solusi terbaik bagi mereka. Jika itu sudah terlaksana dengan baik maka uang akan mengalir dengan sendirinya.
Berbisnis adalah berpikir kreatif dan inovatif Selalu memikirkan dan membuat inovasi-inovasi baru baik itu berupa produk atau metode dalam berbisnis. Selalu mencari kebutuhan pasar dan mengetahui respon mereka terhadap inovasi yang dilakukannya.
Berbisnis adalah selalu belajar untuk maju Selalu belajar dan evaluasi diri untuk maju, baik itu belajar dari kesalahan dan pengalaman sendiri maupun belajar dari pengalaman orang lain.
Berbisnis adalah tidak pernah berhenti berusaha Tidak pernah mengenal kata berhenti dalam berusaha. Kalau perlu mulai dari awal lagi jika dirasa menemui jalan buntu dan tidak menemukan jalan keluar.

Beberapa contoh di atas adalah sedkit contoh dari cara menanamkan mindset bisnis online. Mindset tidak bisa dibangun secara serentak tetapi bertahap dan kuncinya adalah dengan melakukannya secara konsisten.  Jika sudah dilakukan konsisten dan menjadi kebiasaan niscaya mindset bisnis akan berkembang dengan sendirinya.

Memelihara Mindset Bisnis Online


Mindset juga perlu dijaga dan dipelihara. Sewaktu-waktu mindset bisa mengalami penurunan dan kelunturan. Penurunan mindset bisa karena faktor dari dalam maupun luar. Faktor dari luar misalnya rasa jenuh, bosan dan putus asa ketika bisnis berjalan stagnan dan belum menghasilkan. Faktor dari luar misalnya pengaruh lingkungan atau pendapat negatif tentang bisnis yang sedang dijalaninya.

Faktor-faktor tersebut sebenarnya mudah diminimalisasi dengan konsistensi dan keyakinan. Sering-sering melakukan evaluasi secara berkala terhadap progres bisnis yang dijalaninya. Merefresh kembali otak dengan mengingat kembali hal-hal yang bisa menumbuhkan dan memperkuat motivasi bisnis.

Bergaul dan berkomunikasi dengan orang-orang yang menekuni bisnis online lebih dulu juga bisa menambah motivasi dan keyakinan. Membaca cerita tentang keberhasilan dan kesuksesan mereka bisa menginspirasi dan melecut semangat. Hal tersebut di atas secara tidak langsung akan memperkuat mindset bisnis online.

Temukan Panduan Bisnis Internet Terbaik khusus untuk Pemula dan dapatkan bonusnya sekarang juga! Klik di SINI
Dapatkan tips dan informasi bisnis terbaru melalui email. GRATIS !

  © 2012 Web Bisnis Pemula All Right Reserved

Membangun Mindset Bisnis Online

- Template by Dicas Blogger