8 Manfaat Belajar Ngeblog bagi Pebisnis Pemula

belajar ngeblog
Belajar ngeblog merupakan sarana yang baik bagi anda yang sedang belajar bisnis online. Banyak sekali manfaat blog yang akan diperoleh dalam proses belajar bisnis internet untuk pemula.
Belajar ngeblog seperti menjadi keharusan tersendiri bagi orang yang terjun di dunia bisnis online, karena sebenarnya ngeblog itu adalah bisnis.


Manfaat Belajar Ngeblog bagi Pebisnis Pemula


Apa saja manfaat belajar ngeblog? Akan saya coba uraikan dalam 8 manfaat belajar ngeblog bagi pebisnis pemula, berikut di bawah ini :

1. Belajar dasar-dasar SEO

Berbeda dengan website, blog merupakan web dinamis yang selalu di update sehingga lebih mudah dalam optimasi SEO. Belajar ngeblog juga akan membuat anda lebih mudah belajar dan praktek tentang SEO. Banyak sekali panduan optimasi SEO blog dari dasar-dasar sampai ke tingkat lanjut yang akan anda dapatkan di internet melalui google, jadi anda tinggal mempelajari dan mempraktekkannya.

2. Belajar riset topik bisnis dan kata kunci

Dalam prakteknya, menentukan tema sebelum membuat blog membutuhkan riset. Di sinilah anda akan mempelajari cara-cara riset topik bisnis, riset produk, kata kunci, dan sebagainya. Dalam membuat postingan pun juga demikian, kalau bisa carilah topik-topik dan kata kunci yang banyak dicari di internet (tapi yang masih berhubungan dengan topik blog) kemudian buat posting dari topik dan kata kunci tersebut.

3. Belajar promosi dan pemasaran internet

Jika anda sudah mengikuti program bisnis online, misalnya program bisnis reseller atau program PTC. Anda bisa mempromosikan produk reseller atau link affiliate melalui blog. Buat review dalam postingan mengenai produk dan bisnis yang sedang anda ikuti dan keuntungan-keuntungan apa yang diperoleh dengan ikut bisnis tersebut. Kemudian mengajak pengunjung untuk mendaftar atau membeli produk melalui link affiliate anda.

4. Belajar desain dan membuat template web

Belajar membuat blog tak lepas dari mendesain tampilan blog itu sendiri. Pada awal-awal belajar ngeblog, anda bisa belajar merubah tampilan blog secara mudah dengan cara mengganti template blog sesuai dengan keinginan anda. Pada tahap selanjutnya anda mungkin telah mahir dalam modifikasi template atau bahkan bisa membuat template sendiri.

5. Belajar menulis dan copywriting

Dunia ngeblog adalah dunia menulis. Agar blog tetap “hidup” maka harus update konten artikel secara rutin. Di sinilah pembelajaran kita dalam mempelajari teknik penulisan artikel. Jadi dengan mengupdate blog secara terus menerus, keterampilan menulis kita semakin terasah. Belajar copywriting dan teknik-teknik menulis sales letter juga akan semakin mudah. Jadi, jangan suka copas artikel orang lain.

6. Belajar disiplin dan konsistensi

Mengelola blog bukan pekerjaan sehari dua hari, tetapi pekerjaan berkala dan terus menerus. Belajarlah mengelola dan meng-update blog secara berkala dan terjadwal. Meng-update blog secara berkala dan teratur akan menjadi kebiasaan baik dan melatih konsistensi dan kedisiplinan kita. Konsistensi dan kedisiplinan sangat diperlukan dalam menjalankan bisnis internet.

7. Belajar membuat brand sendiri

Membuat brand tidak harus membuat atau mempunyai merk. Nama kita sudah merupakan brand. Orang mengenal anda dan keahlian anda sudah merupakan brand bagi anda. Begitupun dalam membuat blog. Dalam blog sebaiknya kita memperkenalkan diri, agar orang tahu dan mengenal siapa kita, apa keahlian kita dan apa yang kita tawarkan pada pengunjung.

8. Belajar membangun relasi dan menemukan teman baru

Blog yang selalu aktif dan up to date akan menarik pengunjung untuk selalu datang kembali. Pengunjung blog itulah orang-orang yang akan menjadi teman dan relasi bisnis anda. Belajar membangun relasi melalui perhatian dan interest terhadap pengunjung dengan cara memberi tanggapan yang baik terhadap komentar dan pertanyaan mereka. Dengan banyak teman dan relasi itulah yang akan membuat bisnis kita lebih cepat berkembang.


Demikian manfaat-manfaat belajar ngeblog bagi pemula. Jadi, kapan lagi anda mulai membuat blog dan memulai bisnis kalau tidak dari sekarang. Karena waktu terus berjalan dan meninggalkan orang-orang yang suka menunda-nunda.

So, mari mulai belajar ngeblog dan berbisnis.

Temukan Panduan Bisnis Internet Terbaik khusus untuk Pemula dan dapatkan bonusnya sekarang juga! Klik di SINI
Dapatkan tips dan informasi bisnis terbaru melalui email. GRATIS !

  © 2012 Web Bisnis Pemula All Right Reserved

8 Manfaat Belajar Ngeblog bagi Pebisnis Pemula

- Template by Dicas Blogger