Langkah Pertama Bisnis Internet: Membuat Blog !

buat blog
Langkah pertama bisnis online yang paling efektif menurut saya adalah membuat blog. Mengapa membuat blog? Kebanyakan para internet marketer profesional menyarankan untuk membuat blog bagi para pemula yang mulai terjun di bisnis internet. Karena selain memudahkan belajar bisnis, blog merupakan sarana pemasaran yang efektif untuk internet marketing.

Memang banyak bisnis di internet yang tidak membutuhkan blog atau website dalam menjalankannya. Dan sangat mungkin sekali seseorang akan sukses di bisnis online walaupun tanpa memiliki blog. Contoh bisnis online yang tidak membutuhkan blog dalam menjalankannya adalah seperti jualan di ebay, trading forex, bisnis investasi, dsb. Tetapi dalam perkembangannya semua bisnis di internet akan mengalami kemajuan lebih dahsyat jika didukung dengan blog.

Belajar membuat blog gratis untuk bisnis internet


Membuat blog bagi pemula sebenarnya cukup mudah, kita bisa menggunakan platform blog gratisan untuk memulai belajar blog. Beberapa platform blog gratisan yang paling populer adalah wordpress.com dan blogger.com. Cara mendaftarnya pun sangat mudah dan syaratnya anda cuma harus memiliki email saja. Jika anda belum punya email, saran saya buatlah email di gmail.

Wordpress.com merupakan platform versi blog gratis kepunyaan wordpress. Fitur dashboardnya pun sama seperti blog wordpress self hosted, tetapi kelemahannya adalah blog wordpress.com tidak bisa dikustomisasi dan tidak bisa untuk berbisnis sebagai publisher seperti google adsense karena memang tidak diperbolehkan.

Selain itu TOS wordpress.com pun lebih ketat, banyak blog-blog yang telah berumur dan mempunyai PR yang cukup tinggi disuspend oleh wordpress.com karena dianggap melanggar. Tetapi jika suatu saat kita ingin menggunakan wordpress self hosting tidak ada salahnya kita belajar dahulu membuat blog di wordpress.com karena fitur-fitur dashboardnya dan cara mengelolanya sama.

Blogger.com atau lebih dikenal dengan blogspot merupakan platform blog kepunyaan google. Dibanding dengan wordpress.com, blogger.com atau blogspot aturannya lebih fleksibel dan lebih longgar. Di blogspot kita bisa mengkustomisasi template baik dari segi tampilan maupun SEO. Dan yang lebih penting di blogger.com kita bisa leluasa untuk berbisnis baik itu sebagai publisher maupun bisnis yang lain.

Blogspot versi terbaru telah mempunyai fitur-fitur canggih yang bisa diatur sehingga sangat SEO friendly. Sebagai bukti bisa anda lihat di search engine google sebagian besar dikuasai oleh blog-blog berplatform blogspot.

Jadi mau memilih platform blog gratis yang mana kita bisa menentukan sendiri menurut kebutuhan dan minat kita.

Membuat blog wordpress dengan hosting sendiri


Membuat blog dengan hosting sendiri (self hosted) akan sangat bagus bagi yang sudah serius ngeblog. Membuat blog dengan hosting sendiri membuat blog kita kelihatan profesional. Karena blog self hosting berbayar, maka akan membuat kita semakin bersemangat untuk ngeblog dan merasa sayang kalau tidak dikelola.

Membuat blog wordpress self hosted memang tidak semudah membuat blog gratisan, banyak proses yang harus dilakukan. Kita harus sewa hosting, beli domain, install CMS wordpress, mensetting blog, dan sebagainya. Tetapi jangan khawatir, banyak panduan di internet mengenai cara-cara membuat blog worspress self hosted. Atau jika anda masih bingung anda bisa mendapatkan panduan belajar membuat blog berbayar dan dipandu sampai bisa di Rahasia Website Pemula.

Hosting gratis

Jika anda ingin belajar membuat blog wordpress hosting sendiri tetapi tidak ingin keluar dana, anda bisa membuat blog wordpress self hosting menggunakan hosting gratisan. Hosting gratis saat ini yang paling popular adalah 000webhost.com untuk versi luar negeri dan idhostinger untuk versi Indonesia. Walaupun gratis tetapi mereka menyediakan space dan bandwidth yang cukup lumayan untuk membuat blog. Silahkan anda mendaftar secara gratis di websitenya.

Tetapi mungkin anda akan lebih nyaman belajar membuat blog wordpress menggunakan idhostinger. Karena selain berbahasa Indonesia juga disediakan subdomain, jadi tidak perlu membuat domain sendiri. Tapi ingat menggunakan subdomain sebaiknya hanya untuk belajar saja, seperti cara menggunakan cpanel, membuat database, menginstall wordpress, membuat akun email, mengelola blog dan sebagainya. Setelah mahir anda bisa menggunakan hosting yang berbayar.

Manfaat membuat blog bagi bisnis online pemula


Manfaat blog bagi pebisnis pemula jelas sangat banyak. Dengan membuat dan mengelola blog maka banyak hal-hal yang kita pelajari dan akan sangat mendukung dalam menjalankan bisnis internet, antara lain:

1. Belajar tentang teknik SEO.
2. Belajar riset topik dan keyword
3. Belajar promosi dan pemasaran internet.
4. Belajar menulis dan copywriting.
5. Belajar disiplin dan konsistensi.
6. Belajar membuat brand sendiri.
7. Menemukan banyak teman dan relasi baru.

Dengan manfaat blog yang demikian banyak bagi kemajuan bisnis internet, sebaiknya memang pebisnis online seharusnya juga belajar menjadi blogger. Apalagi bagi pemula akan banyak sekali manfaat dan pembelajaran yang bisa diperoleh dalam kegiatan ngeblog.

So, kapan lagi membuat blog kalau tidak sekarang..?

Temukan Panduan Bisnis Internet Terbaik khusus untuk Pemula dan dapatkan bonusnya sekarang juga! Klik di SINI
Dapatkan tips dan informasi bisnis terbaru melalui email. GRATIS !

  © 2012 Web Bisnis Pemula All Right Reserved

Langkah Pertama Bisnis Internet: Membuat Blog !

- Template by Dicas Blogger